3

Sosial Budaya Karo

Posted by dwi.elprida07 on 2 July 2010 in Academic |

Penduduk asli yang mendiami wilayah Kabupaten Karo disebut Suku Bangsa Karo. Suku Bangsa Karo ini mempunyai adat istiadat yang sampai saat ini terpelihara dengan baik dan sangat mengikat bagi Suku Bangsa Karo sendiri. Suku ini terdiri dari 5 (lima) Merga, Tutur Siwaluh, dan Rakut Sitelu.

Merga Silima, yakni:
– Karo-karo
– Ginting
– Sembiring
– Tarigan
– Perangin-angin

Dari kelima Merga tersebut di atas, masih terdapat sub-sub Merga. Berdasarkan Merga ini maka tersusunlah pola kekerabatan atau yang dikenal dengan Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh dan Perkaden-kaden Sepuluh Dua Tambah Sada.

Rakut Sitelu, yaitu:
– Senina/Sembuyak
– Kalimbubu
– Anak Beru

Tutur Siwaluh, yaitu:
– Sipemeren
– Siparibanen
– Sipengalon
– Anak Beru
– Anak Beru Menteri
– Anak Beru Singikuri
– Kalimbubu
– Puang Kalimbubu

Perkaden-kaden Sepuluh Dua:
– Nini
– Bulang
– Kempu
– Bapa
– Nande
– Anak
– Bengkila
– Bibi
– Permen
– Mama
– Mami
– Bere-bere

Dalam perkembangannya, adat Suku Bangsa Karo terbuka, dalam arti bahwa Suku Bangsa Indonesia lainnya dapat diterima menjadi Suku Bangsa Karo dengan beberapa persyaratan adat.
Masyarakat Karo terkenal dengan semangat keperkasaannya dalam pergerakan merebut Kemerdekaan Indonesia, misalnya pertempuran melawan Belanda, Jepang, politik bumi hangus. Semangat patriotisme ini dapat kita lihat sekarang dengan banyaknya makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan di Kota Kabanjahe yang didirikan pada tahun 1950.

Penduduk Kabupaten Karo adalah dinamis dan patriotis serta taqwa kepada Tuhan Yang Esa. Masyarakat Karo kuat berpegang kepada adat istiadat yang luhur, merupakan modal yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembangunan.Dalam kehidupan masyarakat Karo, idaman dan harapan (sura-sura pusuh peraten) yang ingin diwujudkan adalah pencapaian 3 (tiga) hal pokok yang disebut Tuah, Sangap, dan Mejuah-juah.

Tuah berarti menerima berkah dari Tuhan Yang Maha Esa, mendapat keturunan, banyak kawan dan sahabat, cerdas, gigih, disiplin dan menjaga kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup untuk generasi yang akan datang.

Sangap berarti mendapat rejeki, kemakmuran bagi pribadi, bagi anggota keluarga, bagi masyarakat serta bagi generasi yang akan datang.

Mejuah-juah berarti sehat sejahtera lahir batin, aman, damai, bersemangat serta keseimbangan dan keselarasan antara manusia dan manusia, antara manusia dan lingkungan, dan antara manusia dengan Tuhannya. Ketiga hal tersebut adalah merupakan satu kesatuan yang bulat yang tidak dapat dipisah-pisahkan satu sama lain.

Inti Sari Adat Istiadat Karo

Inti Sari Adat Istiadat Karo merupakan buku yang disari dari beberapa tulisan yang tidak disebut namannya. Meski namanya intisari, namun buku yang ditulis dalam bahasa Karo ini ulasannya masih cukup sederhana. Beberapa hal yang disinggung dalam buku ini antara lain: Proses Perkawinan, Maba Belo Selambar, Kerja Erdemu Bayu, Mesur-mesuri, Erban Gelar, juga menyangkut adat Karo di Deliserdang dan Langkat.

5

Temanku Narsis Sekali

Posted by dwi.elprida07 on 1 July 2010 in Academic |
Gadis  Cinta Melulu
Agak heran juga sama teman kita yang satu ini. Dia sukaaa sekali membanggakan dirinya sendiri. Mulai dari upload foto narsisnya ke FB, menulis status yang isinya tentang dia terus, bahkan saat ngobrol face-to face pun, dia sempat memuji dirinya sendiri. Awalnya sih masih tahan, tapi lama-lama, fed-up juga dengarnya. Duh, harus gimana, nih?

Ada triknya menghadapi teman model begini. Tapi kuncinya, kita mesti ekstra sabar! Ini dia:

  • Saat dia mulai membanggakan dirinya sendiri, kasih respon seperlunya. Kalau berlebihan, dia bakal makin menjadi-jadi.
  • Alihkan topik obrolan ke hal lain yang nggak kalah seru. Ini bisa sekaligus menyadarkan dia, bahwa ada hal lain yang juga asyik untuk dibahas.
  • “Bandingkan” dia sama teman lain yang nggak kalah keren. Mungkin dia bakalan agak kaget, tapi nggak apa-apa. Siapa tahu shock therapy ini bisa sedikit menyadarkan dia.
  • Kenalkan dia sama teman-teman kita dan ajak dia bergaul sama orang banyak. Dengan begini, dia jadi punya pengetahuan baru dan sadar kalau kenyataannya, banyak orang yang lebih daripada dia.
  • Biasanya, orang yang self-centered begini, belum pernah merasakan nikmatnya berbagi sama orang lain. Coba deh, ajak dia ikutan acara charity yang fun. Paling nggak, dia tahu bahwa masih ada orang lain yang lebih penting dan nggak seberuntung dirinya. (Muthia/Dok. Feminagroup, Istimewa)

1

Serba Serbi Sandal

Posted by dwi.elprida07 on 1 July 2010 in Academic |
Ternyata ada banyak berbagai jenis sendal, walaupun nggak semuanya familiar di telinga kita. Coba kenali, yuk!

Ini dia beberapa jenis sendal dan cerita di baliknya.

Geta
Geta merupakan alas kaki tradisional Jepang yang terbuat dari kayu. Pada bagian alas terdapat tiga buah lubang untuk memasukkan tali berlapis kain yang disebut hanao. Dan dua buah hak yang disebut ha (“gigi”) yang terdapat di bagian bawah alas (sol). Hak tinggi itu berfungsi untuk memudahkan pemakainya berjalan melewati becek ketika hujan. Geta atau yang lebih dikenal dengan bakiak Jepang, dipakai di luar ruangan sewaktu mengenakan yukata atau kimono yang bukan kimono formal.

Jipsin
Jipsin adalah sandal tradisional yang terbuat dari jerami. Konon, jipsin sudah dipakai sejak jaman dahulu oleh orang-orang Korea pada masa Joseon . Mereka dikategorikan sebagai yi, yaitu sepatu dengan hak pendek. Nama jipsin bisa bervariasi, tergantung dari bahan yang dipakai untuk pembuatannya seperti samsin, wanggolsin, cheongol jisin, dan budeulsin. Jipsin umumnya dipakai oleh para petani dan peternak di desa sebagai alas kaki mereka sehari-hari.

Saltwater Sandals
Saltwater muncul pada awal tahun 1940an, sebagai alas kaki tradisional untuk anak-anak. Awalnya saltwater dibuat karena makin berkurangnya kulit alami untuk pembuatan sepatu pada masa perang dunia kedua, yang terbuat dari sisa pembuatan kulit sol sebelah kiri atas sepatu pria. Desainnya terdiri dari tali yang mirip dengan tali gesper, yang dibuat melintang pada jari dan mata kaki.

Jelly Sandals
Sandal jelly merupakan sendal klasik para nelayan yang terbuat dari bahan PVC plastik. Awalnya ditemukan pada tahun 1946 oleh nelayan yang bernama Jean Dauphant. Sandal ini  terbuat dari plastik, dan sangat empuk bila dipakai. Karena bentuk dan warna-warnanya yang cerah menyerupai jelly, makanya sandal ini akrab dengan sebutan sandal jelly.

Flip-Flops

Ada berbagai macam sebutan untuk flip-flops. Di India misalnya, flip-flop lebih dikenal dengan sebutan Hawai Chappals, sedangkan di Australia dan Kanada disebut thongs, slip-slops di Afrika Selatan, Jandals di Selandia Baru dan Pasifik Selatan. Nama lainnya seperti slippers, pluggers, dan chancletas juga banyak muncul. Flip-flops sendiri merupakan sandal karet yang datar bagian bawahnya dan memiliki tali menyerupai huruf ‘Y’ yang berfungsi sebagai penjepit diantara jari jempol dan jari kaki lainnya. Karena sempat menjadi permasalahan lingkungan, bahan baku pembuatan flip-flops yaitu Polyurethane yang berasal dari minyak mentah, kini mulai digantikan dengan bahan baku dari daur ulang ban mobil bekas dan bahan-bahan alami seperti rami, kapas, dan kelapa.

Caligae
Caligae dahulu kala adalah alas kaki tradisional yang dipakai berdasarkan tingkatan kasta di Roma. Caligae yang dipakai oleh para patricians, senator, dan magistrates disebut dengan calcei, yang dipakai oleh rakyat jelata disebut perones, dan yang dipakai oleh para prajurit disebut gladiator. Sandal ini terbuat dari kulit yang sangat kuat, tali pengikat dengan gaya militer (yang dililit hingga betis) dan sol tebal dari kulit. Bedanya, gladiator yang dipakai oleh para prajurit dilengkapi oleh paku-paku pada bagian bawahnya.

3

Mengetahui sifat manusia dari warna favorit..

Posted by dwi.elprida07 on 1 July 2010 in Academic |

hampir semua orang pasti mempunyai salah satu jenis warna yang sangat disukai dari sekian banyak warna yang ada atau yang biasa disebut dengan warna favorit. Namun jangan samakan warna favorit dengan warna yang sehari-hari kita pakai atau terapkan pada baju dan rumah. Karena kadang warna yang kita gunakan itu adalah warna hasil kompromi dengan lingkungan, warna kulit dan bahkan rambut. Kita pasti tidak mungkin mengecat tembok rumah dengan warna merah misalnya, atau seragam pemadam kebakaran berubah warna menjadi hijau.

Warna favorit adalah warna yang secara pribadi kita sukai, lepas dari pengaruh siapa dan apa pun. Jadi apabila ingin mengenali kepribadian seseorang secara tidak langsung, tanyakan saja warna favoritnya kemudian cocokan dengan keterangan berikut ini.

Biru
Jika kamu menyukai warna biru, maka kamu termasuk dalam tipe pemurung, selalu menyenangkan dan selalu bertindak pasif dalam segala hal. Mendambakan ketenangan dan ketentraman. Kamu selalu mendapat kesulitan dalam pergaulan. Demikian pula dalam bercinta karena kamu pintar dalam menyembunyikan perasaan.Beberapa jenis warna biru memiliki karakter yang berbeda. Biru langit mewakili tipe orang yang menyukai kesenangan dan hidup santai, sedangkan biru navy (biru langit di malam hari) menggambarkan sifat serius dan konservatif.

Hijau
Warna kesukaan kamu hijau, maka kamu adalah tipe yang sangat romantik, menyukai keindahan, menyenangi alam dengan udara yang sejuk. Kamu adalah seseorang yang selalu memegang prinsip. Dalam hal bercinta kamu mengidam-idamkan calon teman hidup yang penuh toleransi dan dapat dipercaya.Ia juga memiliki sifat bijaksana dalam mengatur waktu dan tujuan hidup. Namun kalau sudah menyangkut ke masalah-masalah penting, ia bisa bersikap kaku.

Kuning
Kesukaan kamu warna kuning menandakan bahwa kamu memiliki sifat optimis. Kamu tipe periang dan senang bergaul, tidak memiliki penampilan yang loyo. Sifat tolong-menolong selalu ada dalam diri kamu, karena menolong merupakan suatu kewajiban mutlak bagi kamu. Kamu orang yang tidak pernah meremehkan siapapun juga, walaupun seseorang itu dungu atau bloon.Kalau ada sesuatu yang salah pada dirinya, ia akan berusaha merubahnya secepat mungkin. Rasa ingin tahunya juga besar, sebesar spontanitas yang dimilikinya.

Ungu
Kalo warna Ungu (Violet) menjadi warna favorit kamu maka kamu adalah tipe yang benar-benar luar biasa. Dalam menghadapi masa depan kamu tidak pernah ragu-ragu, apa yang dikerjakan kamu adalah yang terbaik. Kamu pandai benar dalam mengikuti perkembangan jaman. seorang negosiator yang punya keinginan kuat untuk menyenangkan diri dan orang lain. Walaupun umumnya disukai orang, ia tidak mudah bersikap terbuka dan suka menikmati suasana yang sedikit misterius. Dalam bercinta, hanya merekalah yang kuat mental yang bisa mendekati dan menjadi kekasih kamu

Putih
Jika kamu menyukai warna putih, maka kamu adalah orang yang dilahirkan ke dunia dengan sempurna, banyak orang mengagumi kamu karena sifat angun, sifat idealis dan moral kamu yang teramat tinggi. Tak pernah angkuh, senang menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan kamu. tipe orang yang tulus dalam segala hal dan mereka paling tidak suka kalau dibohongi dan bagi mereka kejujuran adalah nomor satu. Selain itu mereka biasanya agak tertutup, mereka hanya punya sedikit teman dekat yang bisa mereka ajak curhat, tapi mereka akan jadi tempat curhat yang baik bagi seluruh temannya.

Hitam
Kamu termasuk tipe orang yang sangat lincah dalam hal-hal tertentu saja. Kalo kamu berada dilingkungan yang tidak disukai, maka kamu akan menjadi murung. Orang yang cuek dan tidak memikirkan omongan orang terhadap dirinya. Baginya asal dia nyaman dia akan melakukan apapun yang mereka suka. Dalam pergaulan mereka cukup enak diajak berteman karena dapat memberikan solusi dalam masalah teman-temannya.Kamu selalu tampil menarik, rapi, cukup banyak lawan jenis berusaha mengejar dan merebut cinta kamu

Oranye
Ia yang menyenangi warna ini adalah orang yang terbuka, dinamis dan menyenangkan untuk dijadikan teman. Secara alami, ia memiliki sifat flamboyan atau tidak membosankan, jadi tidak masalah baginya untuk tampil berbeda. Ia juga mempunyai selera yang bagus pada hidup dan makanan.

Coklat
Penyuka warna coklat memiliki sifat yang ‘membumi’ atau tidak dibuat-buat. Ia adalah teman yang dapat diharapkan dan sangat loyal. Rumah dan keluarga merupakan hal terpenting baginya, dan tentu saja kenyamanan adalah faktor utama dalam hidupnya.

Abu-abu

Ia yang menyukai warna abu-abu adalah tipe orang yang cenderung menarik diri dari perhatian orang, dan tidak suka kegiatan aktif secara langsung. Karena sifatnya yang ragu-ragu, maka ia sering memutuskan sesuatu hingga saat-saat terakhir.

Pink / merah muda

Penggemar warna pink adalah orang yang sensitif, ramah dan memiliki kepribadian yang manis. Ia sangat menyukai masa kanak-kanak yang menyenangkan dan menginginkan kehidupan yang romantis.

Merah
Kamu termasuk tipe yang sangat berwibawa dan juga senang mengayomi teman yang lemah. Walau sering kali bergaul dan bercanda tapi kamu bisa menahan diri.Di lain pihak, ia mudah sekali merasa bosan karena itu si merah paling suka menyelesaikan segala sesuatu dengan cepat. Garis besarnya, penyuka merah adalah orang yang memiliki antusias dan semangat hidup yang tinggi. Banyak orang mengatakan cinta, tapi kamu selalu berpikir dan berpikir lagi. Kamu termasuk tipe yang sulit jatuh cinta.

0

Ular Kobra di olah menjadi hamburger di Yogyakarta

Posted by dwi.elprida07 on 1 July 2010 in Academic |

Di Yogyakarta, sebuah restoran menyajikan hamburger yang resepnya menggunakan daging ular kobra sebagai sajian utama. Para peternak kobra melepaskan kulit dan dagingnya diolah menjadi daging segar. Meskipun terlihat menakutkan awalnya, tetapi setelah menjadi burger, rasanya terasa lezat.
tambahan:
Kabarnya ular kobra ini tak hanya diolah menjadi hamburger, tetapi menjadi masakan lainnya seperti nasi goreng, tongseng dan sup kobra… karena mengandung protein tinggi.secara umum (u/ kalangan muslim) jenis ular ini termasuk haram karena bertaring dan berbahaya.

0

10 Terowongan Kereta Api terpanjang di Indonesia

Posted by dwi.elprida07 on 1 July 2010 in Academic |

1. Terowongan Wilhelmina/Terowongan Sumber (1208 m)
Terowongan Wilhelmina yang di bangun pada zaman penjajahan Belanda dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 1921. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 1208 m. terowongan kereta api yang dulu menghubungkan Banjar-Cijulang, kini keberadaanya sungguh memprihatinkan, dengan rel yang hilang dan muka terowongan yang tak terurus, di rambati akar-akar tanaman semak belukar, semakin menghilangkan pamor dari sejarah maupun aset wisata dari terowongan terpanjang di Indonesia ini.

2. Terowongan Sasaksaat (949 m)
Terowongan Sasaksaat merupakan terowongan jalur kereta api yang dibangun oleh SS (Staatsspoorwagen) antara tahun 1902-1903. Bangunan Hikmat 503 ini berada di jalur antara Purwakarta dan Padalarang di Km 143 + 144 antara Stasiun Sasaksaat dan Stasiun Maswati, membelah perbukita Cidepong di Kampung Sasaksaat Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Didalam terowongan sepanjang 949 m ini terdapat 35 sleko terdiri dari 17 kiri dan 18 kanan dari arah Stasiun Sasaksaat. Terowongan yang terletak di Daerah Operasi II Bandung merupakan terowongan kereta api yang padat lalu lintas, setiap harinya ada 44 Kereta api yang melintas secara reguler. Jalur yang lengkung ketika akan memasuki terowongan baik dari arah Stasiun Sasaksaat dan stasiun Maswati maka jalan relnya diberi rel paksa (gongsol). Banyaknya kereta api yang melintas memerlukan penjagaan khusus di terowongan sehingga di kedua ujung terowongan terdapat gardu jaga untuk JPTw (Juru Periksa Terowongan)

3. Terowongan Sawahlunto (835 m)
Terowongan Sawahlunto terletak di antara stasiun Muara Kalaban dan Sawahlunto, Sumatera Barat. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 827 m dikenal juga dengan sebutan Lubang Kalam.

4. Terowongan Eka Bakti Karya (760 m)
Terowongan ini terletak di Sumberpucung, malang. Lima kilometer setelah stasiun Sumberpucung. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 760 m dan juga terdapat terowongan Dwi Bhakti Karya dengan panjang 400 m. Disebelah terowongan ini terdapat Bendungan Ir. Sutami.

5. Terowongan Mrawan (690 m)
Terletak disebelah Barat Stasiun Mrawan, Kalibaru, Banyuwangi. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 690 m dan dibangun pada tahun 1901.

6. Terowongan Lampegan (687 m)
Terowongan ini terletak di Kec. Cibeber, perbatasan Kab. Cianjur dan Kab. Sukabumi. Pada tanggal 8 Februari 2001, terowongan ini runtuh, namun saat ini terowongan yang memiliki panjang sekitar 687 m ini telah direnovasi.

7. Terowongan Kupitan (600 m)
Berada di wilayah DAOP II Sumbar antara Muarakalaban dan Padang Sibusuak, Terowongan ini memiliki panjang kurang lebih 600 meter.

8. Terowongan Ijo (580 m)
Terletak di di Rowokele, Kebumen. Terowongan ini dibangun di jaman Belanda pada tahun 1885-1886, dengan sistem kerja paksa terowongan ini sudah menelan banyak jiwa. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 580 meter.

9. Terowongan Tebing Tinggi (424 m)
Terowongan ini terletak di Talang Banyu Desa Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi, Sumetara Selatan. Terowongan yang masih aktif ini memiliki panjang sekitar 424 meter.

10. Terowongan Gunung Gajah (368 m)

Termasuk dalam wilayah DAOP III Sumsel dan terletak antara stasiun Lahat dan stasiun Bunga mas, panjang terowongan ini sekitar 368 meter.

1

pUisi pERsaHabaTAn…

Posted by dwi.elprida07 on 1 July 2010 in Academic |

PERTEMANAN SEJATI
engkau selalu ada dikala aku membutuhkanmu
engkau selalu setia ,saat aku dalam kebingungan
kebingungan akan sesuatu yang hilang dalam hatiku
dikala senja telah menyapa ,dikala ruang telah gunda
kau selalu melengkapi!
melengkapi serpihan hati yang sudah sirnah di hempas angin
sahabatku…!!!!!!!!!!
terima kasih atas kesetianmu
terima kasih atas semu ilmu yang kamu berikan
ilmu yang tidak mungkin aku dapatkan ditempat manapun
sahabatku …!!!!!!!!!!!!
kau memberikan semangat  yang baru dalam hidupku
engkau memberiku arti, arti dari sebuah ikatan persahabatan
bukan ikatan teman yang kosong belakang
sahabatku
aku berharap padamu,
jangan pernah tinggalkan aku
sendiri menjalani hidup dalam dunia yang panah ini
aku tdk ingin luka yang sudah lama menutup
kembali menganga lagi .

temanku,
sahabat sejatiku!!!!!

2

dWie’s wOrld…

Posted by dwi.elprida07 on 20 June 2010 in Academic |

Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat . Tidak ada yang dapat menggabtikan kerja keras. Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan.

Copyright © 2010-2017 dwi.elprida07's blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.4, from BuyNowShop.com.